Tips Membangun Rumah Minimalis

Belakangan ini rumah minimalis menjadi minat banyak orang. Seseorang dapat memiliki rumah minimalis dengan cara membeli langsung atau membangun sendiri sesuai impian mereka. Tapi tentunya akan lebih menyenangkan tinggal di rumah hasil buatan sendiri.

Tips Rumah Minimalis

Membangun rumah minimalis sendiri tidak hanya memenuhi ekspektasi pemiliknya, namun juga bisa menghemat banyak biaya. Selain itu harus disiapkan juga banyak waktu serta tenaga untuk dapat mewujudkan rumah minimalis sesuai idaman.

Tips Membangun Rumah Minimalis

  • Menentukan Tipe

Ada banyak tipe luas rumah yang terdiri dari luas tanah dan luas bangunan. Sebaiknya pilih tipe sesuai anggaran yang dimiliki. Selain itu pemilihan tipe rumah juga harus menyesuaikan kebutuhan. Bagi orang yang tidak ingin rumah terlalu besar namun tetap terasa luas ada tipe 50 atau 60.

Tipe tersebut memiliki luas bangunan 50 m2 dan luas tanah 60 m2. Setelah tipe rumah sudah sesuai, langkah berikutnya adalah menentukan desain dan denah rumah sesuai keinginan pemiliknya. Rumah bisa terdiri dari satu atau dua lantai tergantung kebutuhan.

  • Bahan Bangunan

Bahan bangunan menjadi salah satu poin paling penting dalam pembangunan sebuah rumah. Apabila bahannya memiliki kualitas bagus, maka bangunan pun akan terlihat menarik serta kokoh. Maka dari itu anggaran biaya paling banyak dihabiskan untuk pembelian bahan bangunan.

Sebaiknya dalam memilih bahan bangunan dilakukan riset terlebih dahulu demi mendapat bahan berkualitas dengan harga terjangkau. Untuk dapat memilih bahan berkualitas dapat melihat web https://plafon.id, di sana terdapat banyak sekali serba serbi mengenai pembangunan rumah yang sangat bermanfaat.

  • Penataan Ruang

Desain rumah harus dibuat dengan secermat mungkin dan memperhatikan kesediaan budget. Dengan mengusung tema minimalis, rumah tidak membuang ruang kosong terlalu banyak sehingga lebih maksimal dalam penggunaannya. Maka dari itu tidak perlu banyak properti di dalamnya.

Selain itu, sebuah ruangan bisa menjadi ruang multifungsi yang akan menambah kepraktisan. Contohnya adalah ruang tamu bisa dijadikan ruang keluarga sekaligus atau ruang makan menjadi satu dengan dapur.

  • Perabotan Multifungsi

Rumah minimalis memiliki desain ekonomis dengan furniture yang bisa dipakai secara multifungsi. Misalnya meja ruang utama cukup menggunakan meja kecil, penggunaan rak secara vertikal yang akan menghemat penggunaan ruang, dan gorden sebagai sekat ruangan.

Keterbatasan luas pada rumah minimalis tentu membutuhkan perabotan yang bisa digunakan dalam berbagai fungsi. Sebaiknya dalam hal ini pemilik rumah tidak memberi sekat pada rumah agar terlihat lebih luas. Selain itu penggunaan cermin dinding juga dapat menambah kesan longgar.

Itu dia beberapa tips dalam membangun rumah minimalis yang sedang trend an menjadi perbincangan banyak orang. Tinggal di rumah minimalis akan membuat penghuninya sering berinteraksi dan akan menambah intensitas kedekatan anggota keluarga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *