Aturan Liga Champion 2020-2021 Masih Sama

Aturan Liga Champion 2020-2021 Masih Sama
Aturan Liga Champion 2020-2021 Masih Sama
Piala Liga Champion UEFA 2020 – 2021

UEFA (Federasi sepakbola Eropa) sama sekali tidak berencana merubah peraturan terkait fase kualifikasi Liga Champion musim 2020 / 2021 mendatang. Termasuk aturan untuk para klub dari kompetisi yang harus terhenti sementara akibat pandemi virus COVID – 19. Hal tersebut pun sudah ditegaskan langsung oleh UEFA sendiri secara resmi oleh sang Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Sebelum ini, Presiden UEFA dikabarkan telah berkata, kalau klub yang lolos dari kompetisi yang di stop, harus melewati fase kualifikasi dulu.

“Ini merespons sejumlah kutipan dalam interview dengan beIN yang disebut UEFA, yakni Presiden Čeferin mengatakan semua klub yang berasal dari kompetisi yang dibatalkan di musim ini, masih perlu merumput di fase kualifikasi pada musim depan”, tulis UEFA pada akun Twitter resmi mereka.

“Dia (Čeferin) sama sekali tak berkata atau memberi clue apapun tentang perubahan di daftar klub yang lolos Liga Champion mendatang”, sambung UEFA lagi.

Pada sebuah sesi wawancara dengan beIN yang terbaru, Ceferin kembali membeberkan kalau di stop nya sejumlah liga domestik Eropa adalah keputusan yang sifatnya prematur, walaupun dilandasi dengan alasan bahaya pandemi COVID – 19. Akan tetapi, dia pun sadar kalau klub-klub kompetitor di semua liga domestik yang ada tidak bisa berkutik juga. Ini terjadi karena pemerintah pun ikut terlibat dalam lahirnya sebuah penyelenggaraan acara olahraga di suatu wilayah.

“Buat kami, yang paling penting adalah klub yang juara, lalu juara 2, 3 dan 4. Bagaimanapun juga pembatalan ini terlalu tergesa-gesa”, ceplos Ceferin yang juga dilansir Soccerway.

“Tetapi apabila sudah menjadi kebijakan pemerintah, klub pun tidak akan bisa berbuat apa-apa. Termasuk ajang kompetisinya (liga). Namun demikian, ini tidak akan merubah wewenang UEFA”, lanjut pria kelahiran Slovenia itu.

Seperti yang kita ketahui, selain kompetisi Ligue 1 Perancis, 2 event lain yang sudah di stop akibat imbas dari pandemi virus COVID – 19 di kawasan Eropa ialah Eredivisie Belanda dan Pro League Belgia. Pihak yang berwenang pun sudah menetapkan klub-klub mana saja yang lolos ke pertandingan level Eropa.