Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Bermain Bulu Tangkis

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Bermain Bulu Tangkis

            Bulu tangkis merupakan cabang olah raga yang dimainkan menggunakan raket dan juga shuttlecock yang sering disebut dengan kok, cara menangkis juga memukul agar shuttlecock tidak jatuh di daerah sendiri. Bulu tangkis atau badminton ini digemari oleh banyak orang. Dalam permainan ini raketlah yang memeggang peran penting dalam bulu tangis, karna harus ada kenyamanan saat memeggang raket dengan pemain. Maka raket harus memiliki kualitas yang bagus agar permainan olah raga ini berjalan lancar. Bagi pemula disaran kan untuk memahami terlebih dahulu aturan yang ada dalam permainan bulu tangkis ini.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Bermain Bulu Tangkis

            Adapun perlengkapan bulu tangkis yang harus dipenuhi oleh pemain yaitu diantaranya, membutuhkan lapangan persegi 13,41 x 6,1 m yang dibagi menjadi dua wilayah dan dihalangi poleh pembatas dengan tinggi 155 cm yang dijadikan batas untuk perhitungan point. Jika pemain berhasil memasukan shuttlecock kedalam wilayah lawan maka dijadikan point. Kemudian raket, raket adalah perlengkapan yang wajib dimiliki setiap pemain, raket harus memiliki kualitas tinggi jika ingin nyaman saat bermain. Jangan melupakan shuttlecock atau sering disebut dengan kok, walaupun kecil namun ini sangat penting, shuttlecock ini terbuat dari bulu bulu angsa yang melalui proses pemilihan. Saat akan badminton pakai lah pakaian yang nyaman tidak terlalu ngetat juga longgar, pakai lah pakaian yang sesuai untuk bulu tangkis, juga memakai sepatu khusus untuk olah raga bulu tangkis, karna sepatu dan kaos kaki yang baik akan membantu memperkuat kestabilan berpijak saat bertahan dari lawan maupun menyerang ataupun saat loncat. Persiapkan diri sebelum bermain, pemanasan yang cukup dan jangan lupa minum air putih, lebih baik jika memiliki Kettler sports waterbottle untuk diisi minuman berenergi ataupun air putih, yang dapat diminum kapan saja jika butuh.

            Pertama ada peraturan – peraturan bulu tangkis yang perlu diketahui dan dipahami, yaitu pelemparan koin yang dilakukan sebelum permainan dimulai, jika menang saat pelemparan koin maka dapat bebas memilih antara memilih sisi lapangan dan serve pertama. Untuk sistem penilaian adalah 21 point per permainan yang terdiri dari 2 atau 3 set. Perpindahan tempat dilakukan jika sudah menyelesaikan permainan pertama, kemudian jika permainan ketiga berlangsung dan dimenangkan maka perpindahan tempat juga dilakukan. Peraturan selanjutnya adalah error servis, hal ini terjadi jika salah servis, servis di sisi yang salah saat akan dimenerima servis dari lawan juga setelah diservis. Jika keduanya melakukan kesalahan servis, maka akan ada lets. Reli akan dimainkan ulang dengan eror yang di benarkan, namun bila servis eror tidak di benarkan permainan akan terus di lanjutkan tanpa harus mengganti servis.

            Selanjutnya ada fault atau kesalahan yang terjadi pada bulu tangkis yaitu, bila kok melewati bawah net, gagal melewati net, jatuh diluar lapangan, menyentuh orang ataupun barang lainnya, bila kok jatuh bukan dititik sisi striker, bila pemain menyentuh net juga penyangganya oleh raket. Bila pemain memasuki wilayah lawan saat menyerang, pemain tidak boleh menganggu lawan seperti mengejek, berteriak. Bila kok ditangkap dan ditahan kemudian dilempar kembali, kok dipukul dua kali oleh orang yang sama dengan dua pukulan, kok dipukul oleh pemain kemudian dilanjutkan kebelakang pemain, bila bersalah atas menyolok dan tidak menaati peraturan dari permainan berlanjut ataupun pinalti. Bila servis gagal menentuh net atau tetp berada diatasnya.